Cara Mengobati Luka Bakar Paling Ampuh Dengan Bahan Alami

Cara mengobati luka bakar dengan beberapa bahan alami berikut di percaya sangat efektif untuk penyembuhan luka bakar yang melepuh, berair hingga bernanah pada anak maupun dewasa. Adapun untuk mengetahui apa saja bahan herbal yang bisa di manfaatkan sebagai obat luka bakar, informasi selengkapnya bisa anda simak dalam uraian berikut.

Luka bakar adalah kondisi dimana timbulnya luka di kulit akibat tersiram air panas, terkena percikan api, minyak goreng panas hingga karena terkena knalpot panas. Resiko mengalami luka bakar tersebut bisa terjadi di mana saja entah itu di rumah, saat memasak, saat berkendara yang terjadi secara mendadak dan tiba-tiba.

Nah, pada saat anda mengalami luka bakar ringan anda jangan sampai menggunakan bahan-bahan yang mengandung unsur kimia untuk mengatasinya seperti halnya menggunakan odol atau pasta gigi bahkan bensin sebagai pertolongan pertama untuk luka bakar. Hal tersebut hanya akan memperparah kondisi anda bahkan dapat menyebabkan infeksi. Namun jika anda tetap ingin mengobati luka bakar ringan anda di rumah, sebaiknya anda mengatasinya secara alami diantaranya dengan memanfaatkan bahan alami yang mudah di jumpai di sekitar kita.

Cara mengobati luka bakar paling ampuh dengan bahan alami

Berikut adalah deretan bahan alami yang memiliki khasiat sangat baik untuk mengobati luka bakar, diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Air dingin
Bahan alami yang sangat di rekomendasikan pada saat mengalami luka bakar adalah penggunaan air dingin (bukan air es). Caranya cukup dengan mengalirkan air dingin di atas permukaan luka bakar selama 10-20 menit. Tak hanya memberikan efek sejuk pada luka, namun juga mencegah peradangan yang bersifat parah. Sehingga tak salah jika cara ini di sebut sebagai pertolongan pertama pada luka bakar.

2. Madu
Bahan alami yang satu sangat baik dalam mempercepat penyembuhan luka bakar tingkat satu maupun tingkat 2. Madu sendiri bersifat sebagai antibiotik alami, yang secara efek dapat berfungsi untuk mensterilkan dan membantu penyembuhan luka bakar.

3. Lidah buaya
Selain dapat menyejukan luka bakar, bahan alami yang satu ini juga mampu membantu mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan. Adapun cara pemanfaatannya cukup dengan memotong lidak buaya dang menggosok-gosokannya pada luka.

3. Kentang
Meski hal ini jarang di dengar, namun nyatanya manfaat kentang dalam mengatasi luka bakar cukup efektif. Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung sifat anti-iritasi. Caranya cukup dengan mengiris-iris kentang mentah dan gosokan secara perlahanan pada luka bakar.

4. Minyak zaitun
Bahan alami yang satu ini terkenal akan kandungan vitamin dan asam lemak esensial yang di milikinya. Nah, kandungan tersebut itulah yang menjadi perantara kesembuhan luka bakar karena mampu memasok nutrisi penting bagi kulit yang terluka dan menghambat organisme berbahaya yang dapat mengiritasi kulit.

5. Minyak kelapa dan jus lemon
Jika kedua bahan alami ini di gabungkan maka dapat membentuk senyawa yang ampuh untuk mengobati luka bakar tingan yang telah di dinginkan. Minyak kelpa sendiri mengadung vitamin E dan asam lemak seperti asam laurat, asam miristat dan asam kaprilat yang mana berkhasiat sebagai anti jamur, antioksidan dan juga anti-bakteri. Sedangkan pada jus lemon terkandung asam alami yang mampu mengobati luka bakar.

6. Kulit pisang
Mulai sekarang jangan anggap sepele kulit pisang. Karena tanpa kita ketahui sebelunya ternyata kulit pisang mengandung senywa penting di dalamnya sepertti luteein dan antioksidan kuat, yang salah satu khasiatnya mampu membantu penyembuhkan area kulit yang terbakar dan mengurangi rasa sakit yang timbulkan. Caranya cukup dengan meletakan kulit pisang di area luka bakar dan gosokan dengan lembut dan perlahan. Dan biarkan hingga kulit pisang menjadi menghitam. Ulangi proses tersebut untuk mempercapat penyembuhan.

7. Bawang putih
Di dalam bawang putih terkandung sulfur serta quertecin yang mana khasiatnya mampu membantu untuk mengurangi rasa sakit dan juga menyembuhkan luka bakar serta pencegahan kulit melepuh. Caranya cukup dengan menempelkan sepotong bawang putih pada area kulit yang terbakar untuk membantu menghilangkan warna kemerahan dan mengatasi rasa nyeri.

Selain dari pada itu, cara mengobati luka bakar dengan menggunakan beberaoa bahan alami lainnya bisa menjadi rekomendasi seperti halnya menggunakan susu, yogurt, putih telur, terigu, baking soda, cuka dan minyak zaitun. Namun apabila anda mengalami luka bakar parah, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi anda ke pusat kesehatan terdekat.

Artikel Terkait Cara Mengobati Luka Bakar Paling Ampuh Dengan Bahan Alami :